Artikel Terbaru
Loading...

Tingkatkan Nasionalisme Santri lewat Pramuka

Kamis, Mei 03, 2012
SUARA MERDEKA - Bidang Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren (Pekapontren) Kanwil Kemenag Jateng menggelar Perkemahan Pramuka Santri Tingkat Jateng di Bumi Perkemahan Pakis Adhi, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Jepara. Kegiatan itu berlangsung empat hari, mulai hari ini (Senin, 30/4) hingga 3 Mei mendatang.

Kabid Pekapontren Kanwil Kemenag Jateng Drs H Sholikhin MM menjelaskan, perkemahan tersebut diikuti 700 santri putra dan putri. Mereka adalah delegasi kabupaten/kota se-Jateng.

Ilustrasi Pramuka
 “Dengan perkemahan pramuka santri ini kami berupaya meningkatkan semangat nasionalisme dan pembangunan karakter bangsa, khususnya di kalangan para santri. Karena itu kami mohon dukungan semua pihak agar kegiatan ini berjalan lancar dan sukses,” katanya kepada wartawan di Semarang, kemarin.

Adapun tujuan perkemahan tersebut, lanjut dia, untuk meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan YME, mewujudkan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka, serta meningkatkan sikap disiplin, sportivitas, kreativitas, dan tanggung jawab santri.
Selain itu meningkatkan pengetahuan, keterampilan, pengalaman santri, serta mengembangkan tali ukhuwah islamiyah antarpeserta.

Selama berkemah, tambah Sholikhin, para peserta akan mengikuti pawai taaruf, upacara pembukaan, berbagai kegiatan keagamaan, olahraga, shalat berjamaah, kultum subuh, api unggun, lomba karya ilmiah santri, baris berbaris, pentas kesenian daerah, lomba aral lintang, diskusi perkemahan santri, ceramah antinarkoba, serta dialog dengan bupati Jepara.
“Delegasi yang berprestasi dalam perkemahan ini akan kami kirim sebagai wakil Jateng untuk mengikuti Perkemahan Santri Nusantara Tingkat Nasional di Batam, 2-8 Juli mendatang,” tuturnya.
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer